Seminar dan Workshop Linux – SMK Walisongo Jepara

1522165_681067365271426_1173862644_nKegiatan “Seminar & Workshop Pengenalan Linux Dasar dan Aplikasi OSS” oleh SMK Walisongo Pecangaan Jepara yang bekerja sama dengan KPLI (Komunitas Pengguna Linux Indonesia) Jepara, ini dilaksanakan pada tanggal 15 Desember 2013 bertempat di Aula utama SMK Walisongo Pecangaan Jepara. Peserta berasal dari Siswa TKJ mulai dari kelas 10 sampai kelas 12, serta Beberapa dari MTS Walisongo Pecangaan Jepara. Untuk Narasumber sendiri Kami mengajak 11 Orang Anggota Kami yang berpengalaman. Kegiatan ini bersifat Internal, jadi tidak untuk umum, hanya siswa dari yayasan Walisongo saja yang ikut serta.

Kegiatan ini bertujuan mengenalkan kepada siswa adanya sistem operasi alternatif selain Windows yang FREE dan Legal. Tidak hanya sistem operasi saja, kami juga mengenalkan beberapa Aplikasi Berbasis Open Source Software (OSS) yang tentunya bisa didapat secara FREE dan Legal pula. Di kegiatan ini kami memilih Distro (Distribusi OS) Linux Zorin OS, yang Kami anggap memiliki kelengkapan aplikasi bawaan, serta tampilan yang tidak kalah menarik serta mudah dipahami oleh Siswa, untuk pengenalan Aplikasi OSS kami mengenalkan aplikasi alternatif dari Office yaitu LibreOffice dan beberapa Aplikasi Desain yaitu Inkscape, GIMP, dan Blender.

Kegiatan yang berlangsung dari pukul 08.30 WIB sampai 12.30 WIB ini berlangsung lancar dan menyenangkan. Kegiatan ini dimulai dengan pembukaan oleh Bapak Sutarwi Samsul Ma’arif, S.Si, Kepala SMK Walisongo Pecangaan Jepara, yang dilanjutkan dengan Pengenalan diri kami dari KPLI Jepara. Setelah Pembukaan dan perkenalan kami, kita masuk ke acara inti yaitu pengenalan tentang LINUX, Cara Instalasi Distro Zorin OS, cara Instal aplikasi mulai dari melalui Software Center, Synaptic, apt-get, dan .deb di LINUX (Zorin OS), dilanjutkan dengan pengenalan tentang LibreOffice, Inkscape, GIMP, dan Blender. Selingan berupa Permainan serta beberapa Dorprize juga kami suguhkan ke Peserta agar peserta juga tidak terlalu bosan dan bersemangat mengikuti acara ini. Kegiatan ini di akhiri dengan Praktek Installasi Distro ZorinOS di 3 Komputer sekolah dan beberapa Laptop siswa didampingi oleh Teman-teman dari KPLI Jepara. Tidak hanya sampai Praktek Installasi saja. Kami juga membagi-bagikan DVD ZorinOS kepada para Peserta dan Panitia SMK Walisongo Pecangaan Jepara. Dan Sertifikat untuk Siswa yang ikut serta.

Narasumber yang ikut mengisi kegiatan ini :

  1. M. Mashudi A. W
  2. Dwi Endrasto
  3. Erkham Sobri
  4. Rona Ariyolo
  5. Nailul Farikh
  6. Alif Prasetyo A. W
  7. Adi Restiawan
  8. Erwin Eko Saputro
  9. M. Irawan
  10. Trio Rokhmad Kurniawan
  11. Bayu Panji Pradana

Ingin Sekolah kalian didatangi tim KPLI Jepara atau sekolah kalian butuh Narasumber dibidang Linux? silahkan hubungi kami via email info[at]jepara.linux.or.id atau join ke Grup Facebook KPLI Jepara

About KPLI Jepara

KPLI Jepara merupakan sebuah komunitas yang dibentuk sebagai wadah untuk pengguna software open source dan linux di kabupaten Jepara. VISI: Menumbuhkan kesadaran dalam menggunakan software komputer legal, dengan memanfaatkan software dan atau sistem operasi open source di Indonesia pada umumnya dan Jepara pada khususnya MISI: 1. Mengenalkan Sistem operasi LINUX dalam berbagai distro kepada warga kota Jepara. 2. Mengupayakan pemanfaatan sistem operasi LINUX dan software open source di segala bidang kepada warga Jepara. 3. Menumbuhkan kesadaran dalam menggunakan software komputer legal kepada warga Jepara. 4. Berbagi dalam pengalaman dan ilmu tentang LINUX. 5. Memberikan pengetahuan komputer hardware maupun software (khususnya open source) kepada warga Jepara web: http://jepara.linux.or.id/ e-mail: info[at]jepara.linux.or.id | kplijepara[at]gmail.com