Review BlankOn 9.0 Suroboyo

teksture4
 
Pada Review ini saya menginstall BlankOn 9.0 Suroboyo di laptop Acer 4738z. Kondisi yang berbeda mungkin ada di laptop/PC tipe lain.
 

Rilis 14 Februari 2014. Dikutip dari http://www.blankonlinux.or.id/ Proyek BlankOn dengan bangga mempersembahkan rilis ke-9 dengan nama kode Suroboyo. Rilis kali ini dengan dukungan perangkat keras lebih banyak dan terbaru sehingga pengguna tidak perlu repot memasang penggerak (driver) untuk perangkat kerasnya. Rilis ini juga terdapat penambahan fitur serta aplikasi baru di dalamnya dengan harapan para pengguna bisa lebih mudah dalam menggunakannya.

Fitur tersebut salah satunya adalah Desktop Kontekstual, desktop dinamis yang akan berubah sesuai dengan perubahan waktu, fajar, pagi, siang, malam. ini menjadikan BlankOn Suroboyo lebih segar dan tidak membosankan. Desktop kontekstual di BlankOn Suroboyo ini terbilang berfungsi dengan baik di laptop saya (Acer 4738z), dibandingkan dengan pendahulunya BlankOn 8.0 Rote yang Desktop Kontekstualnya terkadang tidak jalan. Jika di laptop/PC kalian fitur ini tidak bekerja coba install paket berikut ini melalui WARSI (WARSI akan dibahas selanjutnya) :

nama paket blankon-contextual-desktop bisa dilihat di tangkapan layar berikut ini :

Screenshot from 2014-02-16 08:20:13

tangkapan layar nama paket 

Tangkapan layar dibawah ini adalah warna-warna background yang akan berubah sesuai perubahan waktu.

dikutip dari http://www.blankonlinux.or.id/ tampilan desktop kontekstual

Selain Desktop Kontekstual, ini adalah fitur unggulan dari BlankOn sejak BlankOn 8.0 Rote, yaitu dekstop environment khas yang bernama Manokwari.

Manokwari adalah destop yang dikembangkan oleh pengembang BlankOn dengan teknologi HTML5 dan CSS3. Hal ini membuat destop manokwari menjadi destop cantik, modern, ringan dan mudah untuk dimodifikasi.

Berikut tampilan Manokwari :

Screenshot from 2014-02-16 07:54:06

 

Screenshot from 2014-02-16 07:53:54

Screenshot from 2014-02-16 07:53:38Tampilan Manokwari

Untuk Aplikasinya sendiri di BlankOn Suroboyo ini sudah menggunakan aplikasi versi terbaru, seperti LibreOffice 4.1.4.2 versi ini sudah bisa membuka dokumen berekstensi .doc, .docx, .xls, .xlsx dengan baik, dan GIMP 2.8.6. Dukungan Multimedia sendiri juga tersedia secara default. Anda bisa segera memainkan musik, memutar video dan berkas multimedia sesaat setelah BlankOn terpasang tanpa harus memasang aplikasi lanjutan. Semua sudah tersedia. Bagi yang hobi desain BlankOn Suroboyo ini hadir dengan aplikasi bawaan yang mendukung pengolahan grafis, mulai dengan membuka gambar(gthumb), editor gambar berbasis bitmap (gimp) hingga editor grafis berbasis vektor (inkscape). Anda akan dengan mudah membuat logo ataupun membuat desain undangan pernikahan keluarga atau rekan. Jika aplikasi desian ini masih kurang anda bisa menambahkan paket blankon-multimedia-graphics melalui WARSI. Paket tersebut berisi plug-in GIMP, dll.

Dikutip dari http://www.blankonlinux.or.id/ ada 3 aplikasi terbaru lainnya yang menjadi ciri khas dari versi kali ini. yaitu :

Warung Aplikasi – Warsi

Ingin memasang aplikasi di BlankOn? Kini lebih cepat, mudah dan lengkap dengan menggunakan Warung Aplikasi (Warsi)

tampilan Warung Aplikasi (WARSI)

 

Geo.BlankOn

geo.BlankOn adalah merupakan kegiatan gotong royong digital untuk mengembangkan gugus perangkat lunak dan data geospasial yang dibuat untuk mendukung beragam platform komputer. Dalam pengembangannya, aplikasi ini bisa menyediakan berbagai macam data berbasis lokasi seperti titik wisata, titik pelayanan publik, titik banjir, titik kemacetan di jalan raya serta informasi publik lainnya.
Informasi lebih lanjut geo.blankon.in

tampilan Geo.BlankOn

 

Maleo

Maleo membuat BlankOn bisa menjalankan aplikasi berbasis HTML5 di destop. Maleo juga bisa digunakan untuk mengembangkan aplikasi-aplikasi berbasis HTML5 agar bisa berjalan baik di destop maupun di perangkat bergerak.

tampilan Maleo

Jika setelah memasang BlankOn ada beberapa hal yang wajib dilakukan, yaitu :

Memperbaharui Paket (upgrade)

sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade

Memasang paket restricted seperti flashplayer-plugin dan font windows. Untuk dukungan flash player dan fonta windows.

sudo apt-get install flashplugin-nonfree ttf-mscorefonts-installer

Jika Anda memiliki keinginan dual-boot dengan OS lain, BlankOn 9.0 Suroboyo ini tidak menyertakan GRUB secara default, jadi kita harus install secara manual.

sudo apt-get install grub2
sudo update-grub2

setelah itu, buka terminal dan ketikkan

sudo gedit /etc/default/grub

dan ganti bagian ini

GRUB_HIDDEN_TIMEOUT=0

menjadi

GRUB_HIDDEN_TIMEOUT=

(hapus angka 0 nya)

setalah itu save, dan

sudo update-grub2

Sekian Pengalaman saya mencoba Distro Karya Bangsa Indonesia dengan Desktop Environment nya yang khas dan fitur yang tidak kalah dari distro linux lainnya. BlankOn 9.0 Suroboyo.

 

Unduh BlankOn

http://cdimage.blankonlinux.or.id/blankon/rilis/9.0/

Cermin

Anda juga dapat mengunduh BlankOn pada cermin-cermin berikut:

Konfigurasi perangkat keras minimal untuk dapat menjalankan BlankOn 9.0 Suroboyo dengan nyaman adalah

  • CPU 1 GHz, tersedia dalam i386 dan amd64
  • RAM 1 GB
  • Ruang hard disk 15 GB
  • VGA 256 MB

Bila Anda lebih banyak melakukan kegiatan meramban web dan aplikasi perkantoran yang intensif, lebih baik lagi untuk meningkatkan perangkat keras Anda,

Untuk di laptop saya Acer 4738z, semua driver terdeteksi dengan baik.

Tutorial Dasar

http://dev.blankonlinux.or.id/wiki/Dokumentasi/Panduan/9

Versi Sebelumnya:

 

Referensi : 

About MashudiCastol

Tukang Cuci Piring, yang hobi gambar disistem Linux dengan INKSCAPE, GIMP.